BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Hardware
adalah perangkat keras komputer, dapat diraba dan dilihat bentuknya. Hardware
terdiri dari Input, Output dan Pendukung. Sedangkan Software sendiri terdapat
banyak macamnya, ada software OS, Aplikasi, dll. Software sendiri tidak dapat
dilihat, tapi sangat dibutuhkan fungsinya untuk mengefektifkan kinerja
komputer. Perkembangan teknologi komputer ini berkembang sangat pesat,
dengan developer yang berbeda pula dalam
menyajikan keunikan masin-masing produk. Yang membuat perkembangan ini cukup
menarik untuk dibahas,
Perkembangan
software dan hardware sangatlah pesat, hardware yang semakin diminimalisir dan
dengan bentuknya semakin ergonomis dan cenderung lebih menghilangkan
hardware-hardware lama (mouse yang tidak dibutuhkan pada laptop). Sedangkan
software cenderung lebih banyak, dan semakin bermacam-macam serta lebih
lengkap featurenya
B. Batasan
Masalah
Perkembangan
teknologi saat ini sangat pesat, perkembangan teknologi pada sistem informasi
manajemen pun turut berkembang. Baik perkembangan hardware dan software yang
digunakan, basis data dan jaringan telekomunikasi juga tidak ikut tertinggal.
Trend perkembangan yang seperti apa yang terjadi. Semuanya pun tidak lepas dari
peran manusia sebagai operator yang menjalankan dan mengendalikan mesin.
C. Tujuan
Mengetahui
trend perkembangan software dan hardware
Mengetahui
penggunaan software-sofrware dalam sistem informasi manajemen
Mengerti
tentang peranan teknologi dalam sistem informasi manajemen
Dapat membuka
wawasan kita tentang teknologi
BAB II
ISI
2.1. Trend
Perkembangan Software
Memasuki
tahun 1960-an ketika era komputer dimulai, Software telah menjadi salah satu
bagian penting dalam teknologi informasi dan digunakan di semua disiplin ilmu
teknologi informasi.
Perangkat
lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana
interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga
dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna
komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat
lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application
program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system
misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi
atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman
tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).
Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain. Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk
Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain. Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk
Berbeda
dengan hardware, software tidak mengacu pada bentuk fisik yang memiliki
spesifikasi seperti ukuran, berat, bahan dan lain-lain. Hardware komputer
salah satu manfaatnya dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data.
Seperti hardisk mampu menggantikan fungsi lemari arsip sehingga lebih efisien
dalam tempat karena tidak butuh space yang luas dan biaya yang lebih murah.
Selama
dekade tahun 1980-an, kemajuan yang pesat dari mikro elektronik menghasilkan
kemampuan komputer yang lebih baik pada tingkat biaya yang lebih rendah. Namun
masalah sekarang berbeda, tantangan utama adalah mengurangi biaya dan
memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer (Solusi yang diimplementasikan
dengan mempergunakan software
Software
mengalami perkembangan yang pesat dan usang setelah periode tertentu, Software
memerlukan review secara berkala untuk mengetahui perubahan yang dinamis
terhadap kebutuhan pasar. Sejak pertama kali software diperkenalkan sekitar
tahun 60-an telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan total berbeda
disemua spesifikasi seperti struktur program, arsitektur dan Line Of
Code (LoC). Kini lebih pendek, mudah dan tampilan grafis yang menarik
sehingga lebih efisien dibandingkan dengan versi lamanya. Berikut disajian
evolusi perkembangan software:
Era pertama lebih mengacu pada Batch
Orientation, pada suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data
dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data
terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan
dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
Karakteristik kedua adalah Limited distribution,
yaitu suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan
tertentu. Custom software adalah karakteriktik yang ketiga dari era yang
pertama dimana software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan
tertentu.
Beberapa karakteristik era kedua adalah Multi
user, suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada
saat yang sama. Real Time, suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa
dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan
menghasilkan output dalam mili second. Database, Perkembangan yang pesat dari
alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS
(DataBase Management System). Product Software, adalah software yang
dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.
Sekitar
tahun 70-an akhir sampai dengan awal tahun 90-an muncul era ketiga yang
ditandai Distributed System, yaitu suatu sistem yang tidak hanya
dipusatkan pada Host computer, daerah atau bidang lainnya
yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk.
Lawan dari distributed system adalah Centralized System. Embedded
Intelligence, yaitu suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan
biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil,
robot, peralatan diagnostic serum darah. Low Cost Hardwareharga
hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal
Computer.Consumer Impact Adanya perkembangan komputer yang murah
menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang
besar terhadap masyarakat.
Era keempat ditandai dengan Expert
system, yaitu suatu penerapan A.I. (Artificial Intelligence) pada
bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll. AI
Machine dimana suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak
manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur. Dan ciri era keempat yang lain
adalah Parallel Architecture, arsitektur komputer yang memungkinkan proses
kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu
komputer.
Bahasa
pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan software juga
mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan munculnya generasi
bahasa pemrograman. Generasi pertama adalah Bahasa Mesin karena
komputer pada masa itu masih digunakan oleh kalangan tertentu sehingga bahasa
mesin hanya dapat dipahami oleh orang tertentu yang mengerti mesin tersebut.
Berikutnya muncul bahasa generasi yang kedua bahasaAssembler.
Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa
pemrograman yang tergolong dalam Bahasa Pemrogaman Tingkat Rendah (Low Level
Language) dan hanya setingkat diatas bahasa mesin (Machine Language).
Genrasi
yang ketiga muncul bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa
ini sudah lebih komuniatif dan mendekati bahasa komunikasi manusia misalnya
manampilan kalimat dalam Pascal write/writeln, dalam Basic print dalam bahasa C
dengan perintah cout. Bahasa generasi ketiga ini berbasis textmode karena pada
saat itu sistem operasi yang berkembang adalah DOS. Seiring berkembangnya
sistem operasi, windows yang berbasis GUI (Graphical User Interface)
generasi bahasa pemrograman pun berkembang menjadi generasi yang ke-empat yaitu
bahasa Pemrograman Visual yang menekankan pada pemakaian ulang objek dan tampilan
yang berbasis grafis. Sehingga membuat program menjadi lebih mudah karena
berorientasi pada objek, lebih menarik karena menekankan pada visual/grafis.
Generasi yang kelima ada Artificial Intelligence (AI) yang
merupakan suatu program komputer cerdas yang menggunakan knowledge
(pengetahuan) dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan suatu masalah.
Salah
satu cabang Artificial Intelligence adalah sistem pakar, yaitu sistem komputer
yang menyamai (emulates) kemampuan pengambilan keputusan dari seorang
pakar. Istilah emulates berarti bahwa sistem pakar diharapkan dapat bekerja
dalam semua hal seperti seorang pakar. Seorang pakar adalah orang yang
mempunyai keahlian dalam bidang tertentu, yaitu pakar yang mempunyai knowledge
atau kemampuan khusus yang orang lain tidak mengetahui atau mampu dalam bidang
yang dimilikinya. Beberapa keuntungan system pakar adalah menghimpun data dalam
jumlah yang sangat besar, menyimpan ddata untuk jangka waktu yang panjang dalam
suatu bentuk tertentu dan mampu mengerjakan perhitungan secara cepat dan tepat
tanpa jemu mencari kembali data yang tersimpan dengan kecepatan tinggi.
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa tren perkembangan software terkini adalah
kearah pemanfaatan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), yang menjadikan
pengetahuan lebih mudah didapat sehingga mampu meningkatkan output dan
produktivitas. Memiliki kemampuan dan keahlian seperti pakar, sehingga software
dapat menjadi panduan yang intelligence (cerdas). Memberikan
kemudahan dalam pengoperasian dan menghasilkan output yang menarik.
Operating System
Kalau
sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah
penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada
itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan
menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan
lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan
memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses
kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka
Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua
proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor
(CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS. Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, dan sebagainya.
Sistem Operasi saat ini
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS. Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, dan sebagainya.
Sistem Operasi saat ini
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
Proses
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).
Status Proses
Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
- Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
- Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
- Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas
Software Sistem lainnya
1. Software Fundamentals
Beberapa istilah dasar:
- Computer programs – serangkaian instruksi untuk komputer
- Stored program concept – instruksi tertulis dalam program yang disimpan dan dijalankan oleh CPU ketika dibutuhkan
- Programming – proses penulisan (atau coding) program
- Programmers – orang yang melakukan programming
Pembagian:
- Systems Software
Instruksi yang mengelola sumber daya komputer
- Application Software
Instruksi yang melaksanakan tugas-tugas tertentu
System Software
System software adalah software yang:
– Mengontrol dan mendukung aktifitas sistem komputer
– Mendukung software aplikasi dengan menunjukkan fungsi dasar komputer
– Memfasilitasi pembangunan program, testing dan debugging
– Tidak tergantung terhadap aplikasi-aplikasi tertentu
Sistem software terbagi 2:
• System Control Programs
– Mengontrol penggunaan sumber daya sistem (hardware, software, data); operating system
• System Support Programs
– Specialized support capabilities
2. System Control Programs
• Operating System – kontrol utama sistem komputer
– Mengawasi jalannya komputer secara keseluruhan
– Mengalokasikan CPU time dan memori utama bagi program yang sedang dijalankan komputer
– Memberikan tampilan antarmuka untuk pengguna terhadap hardware
Sofware Aplikasi
Program yang melakukan aktifitas tertentu
Types of Application Software
• Proprietary application software:
- Software untuk kebutuhan tertentu
• Off-the-shelf application software:
- Software yang dibuat secara umum untuk kemudian dijual
- Bisa merupakan standar ataupun disesuaikan dengan kebutuhan
Para
penemu software
ALLEN, PAUL : salah seorang pendiri
Microsoft, sahabat dekat Bill Gates sejak masa kanak-kanak. Kini ia mempunyai
perusahaan perangkat lunak sendiri bernama Asymetrix.
ATKINSON, BILL : salah satu pemrogram pada tim awal Macintosh di Apple. Atkinson juga mengembangkan program MacPaint dan HyperCard tyang populer.
BALLMER, STEVE : sahabat Gates dari Harvard yang bergabung dengan Microsoft pada 1980. Pada 1984 ia ditugasi menangani perangkat sistem lunak.
BLUMENTAL, JABE : direkrut oleh Microsoft pada 1982 untuk membantu Jeff Raikes untuk memasarkan Multiplan. Ia menuliskan spesifikasi untuk Excel dan membantu merancang Works.
BRAINERD, PAUL : presiden Aldus. Ia menciptakan istilah Desktop Publishing dengan mengembangkan PageMaker, program aplikasi yang memungkinkan penguna menghasilkan dokumen tercetak berkualitas profesional dengan PC (Personal Computer/Komputer Pribadi) atau Macintosh dan printer laser.
BRICKLIN, DAN : pengembang (dengan Bob Frankston) VisiCalc, lembar kerja elektronik pertama yang juga merupakan aplikasi mikrokomputer pertama yang amat berhasil. Pada 1979, ia dan Frankston mendirikan Software Arts. Setelah Software Arts bubar pada 1985, ia bekerja untuk beberapa bulan sebagai konsultan untuk Lotus, lalu ia mendirikan sebuah perusahaan penerbit
perangkat lunak bernama Software Garden.
BUNNEL, DAVID : editor buletin yang khusus membahas komputer Altair. Pada 1983, ia mulai menerbitkan majalah PC World.
CANION, ROD : memndirikan Compaq pada tahun 1982. Dalam waktu tiga tahun Compaq masuk di dalam daftar Fortune 500.
ESTRIDGE, PHILIP “DON” : kepala proyek PC IBM mulai sejak awal pada 1980 sampai kematiannya pada 1985 dalam kecelakaan pesawat terbang.
FRANKSTON, BOB : pengembang (dengan Dan Bricklin) VisiCalc dan salah seorang pendiri Software Arts. Ketika Software Arts bubar, Frankston bekerja untuk Lotus sebagai kepala ilmuwan divisi ilmu-ilmu informasi.
FYLSTRA, DAN : pimpinan Personal Software, perusahaan yang memasarkan VisiCalc mulai 1979. Personal Software berubah namanya menjadi VisiCorp pada 1982.
GATES, BILL : salah seorang pendiri dan chief executive officer Microsoft Coorporation. Sekaligus tokoh terkaya di dunia.
GAUDETTE, FRANK : kepala bagian keuangan Microsoft. Dialah yang mengatur segala sesuatu di Microsoft ketika perusahaan itu akan melakukan penawaran umum perdananya.
SCULLEY, JOHN : CEO Apple Computer sejak 1983.
SHIRLEY, JON : presiden Microsoft mulai dari 1983 sampai 1990. Sebelum bergabung dengan Microsoft, ia bekerja di Tandy selama 25 tahun.
SIMONYI, CHARLES : direkrut oleh Microsoft pada 1980, ia arsitek utama kelompok pemrogram untuk Multiplan, Excel dan Word.
WARNOCK, JOHN : pengarang PostScript dan pendiri Adobe.
WIGGINTON, RANDY : pengarang MacWrite, program pengolah kata yang di-bundle dengan Macintosh ketika pertama kali diperkenalkan.
WOZNIAK, STEVE : mendirikan Apple dengan Steve John, dan perancang komputer Apple pertama
ATKINSON, BILL : salah satu pemrogram pada tim awal Macintosh di Apple. Atkinson juga mengembangkan program MacPaint dan HyperCard tyang populer.
BALLMER, STEVE : sahabat Gates dari Harvard yang bergabung dengan Microsoft pada 1980. Pada 1984 ia ditugasi menangani perangkat sistem lunak.
BLUMENTAL, JABE : direkrut oleh Microsoft pada 1982 untuk membantu Jeff Raikes untuk memasarkan Multiplan. Ia menuliskan spesifikasi untuk Excel dan membantu merancang Works.
BRAINERD, PAUL : presiden Aldus. Ia menciptakan istilah Desktop Publishing dengan mengembangkan PageMaker, program aplikasi yang memungkinkan penguna menghasilkan dokumen tercetak berkualitas profesional dengan PC (Personal Computer/Komputer Pribadi) atau Macintosh dan printer laser.
BRICKLIN, DAN : pengembang (dengan Bob Frankston) VisiCalc, lembar kerja elektronik pertama yang juga merupakan aplikasi mikrokomputer pertama yang amat berhasil. Pada 1979, ia dan Frankston mendirikan Software Arts. Setelah Software Arts bubar pada 1985, ia bekerja untuk beberapa bulan sebagai konsultan untuk Lotus, lalu ia mendirikan sebuah perusahaan penerbit
perangkat lunak bernama Software Garden.
BUNNEL, DAVID : editor buletin yang khusus membahas komputer Altair. Pada 1983, ia mulai menerbitkan majalah PC World.
CANION, ROD : memndirikan Compaq pada tahun 1982. Dalam waktu tiga tahun Compaq masuk di dalam daftar Fortune 500.
ESTRIDGE, PHILIP “DON” : kepala proyek PC IBM mulai sejak awal pada 1980 sampai kematiannya pada 1985 dalam kecelakaan pesawat terbang.
FRANKSTON, BOB : pengembang (dengan Dan Bricklin) VisiCalc dan salah seorang pendiri Software Arts. Ketika Software Arts bubar, Frankston bekerja untuk Lotus sebagai kepala ilmuwan divisi ilmu-ilmu informasi.
FYLSTRA, DAN : pimpinan Personal Software, perusahaan yang memasarkan VisiCalc mulai 1979. Personal Software berubah namanya menjadi VisiCorp pada 1982.
GATES, BILL : salah seorang pendiri dan chief executive officer Microsoft Coorporation. Sekaligus tokoh terkaya di dunia.
GAUDETTE, FRANK : kepala bagian keuangan Microsoft. Dialah yang mengatur segala sesuatu di Microsoft ketika perusahaan itu akan melakukan penawaran umum perdananya.
SCULLEY, JOHN : CEO Apple Computer sejak 1983.
SHIRLEY, JON : presiden Microsoft mulai dari 1983 sampai 1990. Sebelum bergabung dengan Microsoft, ia bekerja di Tandy selama 25 tahun.
SIMONYI, CHARLES : direkrut oleh Microsoft pada 1980, ia arsitek utama kelompok pemrogram untuk Multiplan, Excel dan Word.
WARNOCK, JOHN : pengarang PostScript dan pendiri Adobe.
WIGGINTON, RANDY : pengarang MacWrite, program pengolah kata yang di-bundle dengan Macintosh ketika pertama kali diperkenalkan.
WOZNIAK, STEVE : mendirikan Apple dengan Steve John, dan perancang komputer Apple pertama
2.2 Trend
Perkembangan Hardware
Computare
(bhs Latin) = menghitung (to compute). Secara lexicography, Komputer adalah si
penghitung atau subyek yg melakukan suatu komputasi, dlm hal ini dpt diartikan
si orangnya (Someone who computes) ataupun perangkat pengolah komputasi itu
sendiri (a computing machine).
Komputer
adlh suatu perangkat ataupun sistem elektronik yg mengolah atau memproses data
atau informasi sebagaimana yg diperintahkan. Jadi komputer mrpkan perwujudan
sistem elektronik thd sistem pengolahan informasi yg sebelumnya telah dilakukan
scr manual.
Komputer terdiri atas: hardware, software, procedures, brainware, content yang tersaji dalam tatap muka dengan computer interface.
Komputer terdiri atas: hardware, software, procedures, brainware, content yang tersaji dalam tatap muka dengan computer interface.
Perkembangan
Generasi Komputer:
• Generasi I (1946 – 1957)
• Generasi II (1957 – 1965)
• Generasi III (1965 – 1972)
• Generasi IV (1972 – 1985)
• Generasi V (1985 + )
• Generasi I (1946 – 1957)
• Generasi II (1957 – 1965)
• Generasi III (1965 – 1972)
• Generasi IV (1972 – 1985)
• Generasi V (1985 + )
Penyebab Bobolnya Keamanan Sistem Informasi:
1. Human
error
2. Environmental hazard
3. Computer system failures
2. Environmental hazard
3. Computer system failures
Strategi
Pertahanan Keamanan Sistem Informasi:
1. Control for prevention and deterrence;
2. Detection;
3. Limitation;
4. Recovery;
5. Correction
Dua Cara Akses Masuk ke dalam Sistem Komputer:
1. Masuk dari dlm scr fisik (Physical acces to terminal);
2. Masuk dari luar jaringan ke dalam sistem, yg mencakup:
a. access to the system;
b. access to specific, transactions, previleges, programs, dan data didalam sistem.
2.2.1 Input Hardware
Input
dalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat
berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal
input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data
juga untuk memasukkan program.
Beberapa
penjabaran lebih lanjut mengenai input device antara lain seperti yang terdapat
di bawah ini :
a. Keyboard
Computer
keyboard bisa juga disebut papan tombol, adalah alat input yang paling umum dan
banyak digunakan oleh pengguna komputer.
b. Wireless
Keyboard
Wireless
computer keyboard sangat popular, karena kemudahan penggunaannya. Wireless
keyboard memiliki kelemahan, yaitu bekerjanya harus menggunakan batteries dan
memiliki kemungkinan menghadapi masalah tentang bocornya data yang bersifat
rahasia.
c. Pointing
devices
Pengertian:
• Komponen perangkat keras dalam komputer
• Komunikasi antara manusia dan komputer
• Mengijinkan manusia untuk memasukkan data ke dalam komputer
Jenis Jenis Pointing Devices: Mouse, trackball,joystick,trackpad, lightpen, tablet pad ,dll.
• Komponen perangkat keras dalam komputer
• Komunikasi antara manusia dan komputer
• Mengijinkan manusia untuk memasukkan data ke dalam komputer
Jenis Jenis Pointing Devices: Mouse, trackball,joystick,trackpad, lightpen, tablet pad ,dll.
d. Scanner
Pemindai
atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk
maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil
pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai
data digital.
e. Processing Hardware
Processing hardware meliputi peralatan yang bertugas untuk menghitung, membandingkan dan melaksanakan instruksi-instruksi khusus. Dalam CPU (Central Processing Unit) terdapat control unit, ALU (Arithmetic Logic Unit), dan system memory yang kadang-kadang disebut main memory. Control unit mengambil instruksi-instruksi dari system memory dan menterjemahkannya. ALU melaksanakan instruksi yang telah diterjemahkan. System memory digunakan untuk menyimpan instruksi data dan instruksi program. Untuk menghubungkan CPU dengan peralatan komputer lainnya digunakan data bus atau processor channel. Processor channel terdapat pada mother board, mempunyai expansion slots yang berfungsi untuk menghubungkan dengan peralatan tambahan seperti floppy disks, plotters, printers, mouse, modem, multimedia, dll.
Kapasitas komputer dapat diukur dari kecepatan pemrosesan dan kemampuan ALU untuk memanipulasi data dalam 1 cycle. Kecepatan pemrosesan dapat dinyatakan dalam cycle per second (biasanya dalam satuan MHz) atau dalam instruksi per second, biasanya dalam satuan millions of instructions per second (MIPS). Jumlah data yang dapat dimanipilasi oleh ALU dalam 1 cycle diukur dalam satuan bits (binary digits) dan biasa dipakai sebagai ukuran microprocessor, misalnya : microprocessor Zilog Z-80 merupakan procerssor 8 bit. Microprocessor sekarang yang lebih modern dapat memproses 16, 32, atau 64 bit data, dan bahkan ada yang mempunyai kemampuan lebar bit yang lebih besar.
Ada dua jenis dasar processor memory, yaitu ROM (read only memory) yang bersifat non-volatile dan RAM (random access memory) yang bersifat volatile (isi RAM akan hilang jika power off).
Processing hardware dapat dikelompokkan dalam tiga kategori, yaitu mainframe computer, minicomputer, dan microcomputer. Tetapi sekarang pengelompokan ini sudah agak kabur karena sering terjadi overlap di antara pengelompokan tersebut. Untuk mudahnya dapat kita lihat tabel berikut ini.
Type
Application
Speed Memory
Size Number of Con-current Users
Mainframe Enterprise Informa-tion Systems 10 - 100+MIPS 32-500 MB Hundreds
Minicomputer Workgroup & Small Enterprise System 4 – 40+ MIPS 24-25 MB Dozens
Microcomputer Personal Computing 0.5 – 20+MIPS 0.5-100+MB 1 or dozen in LAN
Ada dua macam Emerging Processor Architectures yaitu complex instruction set computers (CISCs) dan reduced instruction set computers (RISCs). CISCs merupakan jenis CPU konvensional yang mengandung rangkaian untuk mengeksekusi satu range yang lebar dari instruksi-instruksi komputer, sedangkan RISCs merupakan jenis CPU yang hanya menggunakan instruksi-instruksi yang sering digunakan sehingga dapat memproses instruksi 10 kali lebih cepat atau lebih daripada CISCs processor. Beberapa vendor besar seperti IBM, Compaq, Hewlett-Packard, dan Digital Equipment Corporation (DEC) sedang mengembangkan komputer yang bekerja menggunakan RISCs processor.
f. Storage Hardware
RAM dipakai untuk menyimpan data atau program yang sedang aktif diproses. RAM tidak dapat dipakai sebagai storage hardware karena kapasitas RAM terbatas dan RAM bersifat volatile, dimana data akan hilang jika sistem shut down. Sebagai penggantinya dipakai external magnetic media untuk menyimpan data dan program yang sedang tidak aktif diproses. Ada dua jenis magnetic storage hardware yaitu disk dan tape.
Disk storage banyak digunakan sebagai medium storage dalam industri sistem informasi. Disk storage terdiri atas tracks dan sectors yang merupakan tempat menyimpan data secara magnetik. Data dibaca dan direkam dengan menggunakan read/write heads. Berikut dapat dilihat perbandingan kapasitas disk pada tabel di bawah ini :
Type Size Capacity
Diskette 5-1/4 inches 1.2 MB
Diskette 3-1/2 inches 1.4 MB
Stacked Disk – Microcomputer 5-1/4 inches 100-1000 MB
Stacked Disk – Minicomputer and Mainframe Computer 10-15 inches 0.1-100+ GB
Tape storage merupakan storage yang berbentuk magnetic tape. Keuntungannya yaitu harganya relatif lebih murah, sedangkan kerugiannya yaitu data hanya dapat diakses secara berurutan.
Jenis storage hardware lainnya adalah optical storage hardware. Keuntungan optical disk ialah mempunyai kapasitas yang tinggi, compact, dan durable storage. Sedangkan kerugiannya : sulit untuk merubah data, dan lebih mahal.
Ada tiga macam optical storage hardware, yaitu :
CD-ROM (compact disk - read only memory), populer digunakan pada multimedia. Optical storage data direkam dengan menggunakan laser untuk membakar lekukan kecil pada permukaan metal master disk. Selanjutnya seperti audio CD, hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi.
WORM (write-once/read-many) optical disk, merupakan disk yang hanya dapat ditulisi sekali kemudian hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi. WORM device dipakai untuk memelihara satu record permanen yang penting dari seluruh data. Misalnya proses transaksi pada jaringan keuangan.
Erasable optical disks, dapat dibaca dan ditulisi.
g. CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
CU (Control Unit) / Unit Kendali
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. • • • • • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
ALU (Arithmatic and Logic Unit)
8 Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
Register
Register
merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi,
yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih
disimpan di dalam memori utama. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan
sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual,
sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan,
satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk
melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
Program yang berisi kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di memori utama yang diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi yang pertama dan berurutan hingga yang terakhir. Instruksi ini dibaca dan diingat (instruksi yang sedang diproses disimpan di register). Misalnya instruksi berbunyi
HITUNG C = A + B, maka kita membutuhkan data untuk nilai A dan B yang masih ada di meja (tersimpan di memori utama). Data ini dimaca dan masuk ingatan kita (data yang sedang diproses disimpan di register), yaitu misalnya A bernilai 2 dan B bernilai 3. Saat ini ingatan otak kita telah tersimpan suatu instruksi, nilai A, dan nilai B, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu sebesar 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU). Hasil dari perhitungan ini perlu dituliskan kembali ke meja (hasil pengolahan disimpan kembali ke memori utama). Setelah semua selesai, kemungkinan data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen untuk keperluan di lain hari sehingga perlu disimpan di dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
Dengan demikian, ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:
1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen. Ada banyak
register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Di bawah ini akan diberikan penjelasan secara garis besar dari masing-masing register:
1. Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
3. General purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
4. Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CP
5. Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.
Program yang berisi kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di memori utama yang diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi yang pertama dan berurutan hingga yang terakhir. Instruksi ini dibaca dan diingat (instruksi yang sedang diproses disimpan di register). Misalnya instruksi berbunyi
HITUNG C = A + B, maka kita membutuhkan data untuk nilai A dan B yang masih ada di meja (tersimpan di memori utama). Data ini dimaca dan masuk ingatan kita (data yang sedang diproses disimpan di register), yaitu misalnya A bernilai 2 dan B bernilai 3. Saat ini ingatan otak kita telah tersimpan suatu instruksi, nilai A, dan nilai B, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu sebesar 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU). Hasil dari perhitungan ini perlu dituliskan kembali ke meja (hasil pengolahan disimpan kembali ke memori utama). Setelah semua selesai, kemungkinan data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen untuk keperluan di lain hari sehingga perlu disimpan di dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
Dengan demikian, ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:
1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen. Ada banyak
register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Di bawah ini akan diberikan penjelasan secara garis besar dari masing-masing register:
1. Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
3. General purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
4. Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CP
5. Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
Sebagai tambahan dari register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang terbuang. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.
Array Processor
Bila sejumlah besar dari perhitungan harus dilakukan, maka untuk mempercepat proses biasanya dipergunakan unit tambahan yang disebut dengan array processor atau co-processor. Unit ini terpisah dari unit lainnya yang dapat ditambahkan pada pemroses utamanya. Dengan perkembangan teknologi sekarang, unit pemroses tambahan ini sudah tidak diperlukan lagi karena pemroses mikro yang ada sudah mampu menangani perhitungan dengan kemampuan dan kecepatan yang sangat tinggi. Teknologi pemroses tambahan ini diperlukan untuk komputer-komputer mikro lama, misalnya yang masih menggunakan pemroses utama seri 8088 hingga 80486.
Output Hardware
Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar),
suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,
sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses
selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
1. Hard-copy device , yaitu alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau
film.
2. Soft-copy device, yaitu alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik.
3. Drive device atau driver, yaitu
alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca
oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini
berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Jenis output hardware yang banyak digunakan yaitu printer. Printer dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara, salah satu diantaranya character printers, line printers, dan page printers. Character printers umumnya berharga murah, mencetak per karakter, dan lambat. Line printers mencetak per baris, dipakai untuk mencetak sejumlah besar bentuk standard seperti invoice bulanan. Page printers mencetak per halaman, seperti mesin photo copy dan biasanya menggunakan laser untuk menghasilkan printed character.
Klasifikasi berikutnya yaitu impact printers dan nonimpact printers. Impact printers memukul kertas saat mencetak sehingga lebih berisik, misalnya dot matrix printer memukul pita karbon untuk menghasilkan cetakan pada kertas. Sedangkan nonimpact printers menggunakan sitem photoelectric untuk mencetak karakter, misalnya laser printer.
Bit-mapped printer bekerja atas dasar pengalamatan pada setiap dot yang membentuk baris dan kolom halaman kertas. Setiap dot pada halaman kertas dapat diset on (printed) atau off (not printed). Keuntungannya : dapat mencetak karakter dan gambar dengan mulus, tetapi kerugiannya : komputer harus mengirim lebih banyak instruksi dan data ke printer untuk mengcover data dan alamat setiap dot.
Output device lainnya adalah voice output, plotter dan layar monitor. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, layar monitor dapat juga digolongkan sebagai input device. Plotter mempunyai fungsi yang lebih rumit sehingga dapat digunakan untuk membuat grafik, diagram, peta, microfiche, dan microfilm.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Perkembangan
software dan hardware berjalan dengan sangat progresif dan dinamis, selalu
menemukan sesuatu yang baru dan merangkum fungsi beberapa hardware ke dalam
satu komponen yang terintegrasi dan menjadi lebih mudah penggunaanya. Begitupun
software yang semakin berkembang dan melahirkan software yang dapat ditemui
dengan jumlah produk yang bermacam-macam dan massive dalam pemasarannya, saling
menutupi kekurangan software sebelum upgrade . banyaknya developer yang
tidak hanya membuat hardware saja, namun telah meng-injeksi kan
perangkat CPU dengan software andalan mereka.
3.2
Saran
Banyaknya
produk software dan hardware yang direfurbished menuntut kita untuk
mampu memilih software dan hardware secara selektif, dikarenakan tidak semua
software yang beredar tersebut benar-benar software, namun hanyalah upaya/
wahana seorang hacker untuk mengahncurkan data
penting dalam computer kita (malware/virus). Alangkah baiknya, semua
produk yang ada diperoleh dengan cara yang wajar, yaitu mengetahui siapa developernya,
agar tidak terjadileaked information.
management informasi sistem
BalasHapus